Slogan : Lindungi Flora & Fauna, Yes....!

Sabtu, 11 Juni 2011

Keunikan dari Binatang Kukang

Apakah kamu tahu keunikan dari hewan kukang? Ada 6 :
             Yang pertama, Malas dan suka bersiul. Penjelasannya : Jalan pelan sekali. Tangannya juga bergerak sangat pelan. Apalagi, pada saat mulutnya mengunyah makanan. Kalau lihat kukang rasanya gak sabar, deh. Sifat malas dari kukang disebabkan proses kimia dalam tubuhnya yang lambat. Di habitat aslinya, yaitu di daerah Hutan Tropis Asia Tenggara, hewan yang mempunyai nama latin Nycticebus pygmaeus ini,  juga dikenal hewan yang berisik. Karena kukang suka bersiul ramai saat mencari makanan, memanggil temannya, atau menyampaikan kabar ke temannya.
             Yang kedua, Kacamata palsu. Penjelasannya : Banyak orang ingin memelihara kukang karena lucu. Bulunya tebal. Cengkeraman tangannya yang kuat. Kacamata palsu itu membuat mata kukang yang kecil menjadi tampak besar. Uniknya lagi, di saat gelap gulita, mata kukang juga bisa menyala berwarna oranye, lo. Keren...
             Yang ketiga, Senjata ludah dan minyak. Penjelasannya : Sepintas lalu, kukang seperti hewan pemalas. Padahal, kukang termasuk hewan yang pintar, lo. Jika diserang, kukang bergelung dan melumuri punggungnya dengan minyak yang keluar dari tangannya. Ia jadi sulit ditangkap karena licin. Selain itu kukang juga punya senjata. Ludahnya beracun bagi binatang lain. Ibu kukang melumuri anaknya dengan ludah agar tidak dimakan ular maupun elang.

             Yang keempat, Jilat-jilat minum. Penjelasannya : Cara minum kukang juga unik, lo. Dia mengambil air dengan tangannya, lalu menjilat-jilat tangannya yang basah.
             Yang kelima, Tidur bergelung. Penjelasannya : Kukang tidur sambil duduk. Kepalanya ditekuk, disembunyikan dikakinya. Kukang jadi mirip bola bila tidur, ya. Kukang tidur terlentang apabila udara sedang panas.
             Dan yang keenam, Bukan kuskus. Penjelasannya : Orang mengira kalau kukang seperti kuskus. Kukang berbeda dengan kuskus. Kukang hewan yang tidak punya ekor. Sedangkan kuskus punya ekor yang panjang. Kukang hidup di malam hari, dan tidak mempunyai kantung. Sedangkan kuskus hidup di siang hari, dan merupakan jenis binatang marsupilami (berkantung). Tapi kukang dan kuskus sama-sama lucu, kok.
             Namun, Kini kukang terancam punah. Penjelasannya : Populasi kukang kian hari kian menurun. Karena banyak orang yang memburunya untuk dipelihara. Keunikan yang dimiliki kukang malah menjadi bencana juga untuknya. Jadi, salah satu jalan keluarnya, jangan memburu kukang lagi, dan jangan merusak tempat hidupnya, ya teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar