Slogan : Lindungi Flora & Fauna, Yes....!

Selasa, 13 Desember 2011

Elang Perut-Karat

Teman-teman, aku mau mengenalkan satu burung, yaitu burung ELANG PERUT-KARAT, apa kamu sudah kenal dengan jenis Aves ini? Kalau belum, aku kasih tau nih!
Dari segi habitat dulu ya. Elang perut-karat mendiami kawasan hutan di pinggir hutan. Di kawasan tersebut burung ini terbang mengitari wilayahnya untuk memburu mangsanya. Elang perut-karat menyerang mangsanya yang ada di permukaan tanah atau di tajuk pohon secara cepat. Di habitat aslinya, elang yang mempunyai spesies Hieraaetus kienerii ini, suka memakan/memangsa burung (termasuk ayam hutan dan merpati) dan mamalia seperti tupai.
Sekarang kita lanjut yuk, ke segi cara berkembang biaknya. Di Asia Selatan, musim berbiak burung yang berfamili Accipitridae ini, terjadi pada sekitar bulan Desember hingga bulan Maret. Induk elang perut-karat secara bergantian mengerami 1 butir telurnya pada sarang berukuran besar di tajuk tertinggi pohon hutan yang lebat.
Nah, yang terakhir aku akan menjelaskan ciri khusus dari burung ini. Sedangkan ciri-cirinya:

1) Berukuran sekitar 50 cm.
2) Memiliki jambul pendek.
3) Tubuh berwarna coklat kemerahan, hitam, dan putih.
4) Burung dewasa : mahkota, pipi, dan tubuh bagian bawah berwarna kehitaman; ekor berwarna coklat dengan garis hitam tebal dan ujung putih; dagu, tenggorokan, dan dada berwarna putih bercoret hitam; sisi tubuh, perut, paha, dan bagian bawah ekor berwarna coklat kemerahan dengan coretan hitam perut.
5) Burung remaja : tubuh bagian atas berwarna coklat kehitaman dengan bercak kehitaman pada mata; alis dan tubuh bagian bawah berwarna keputih-putihan; iris berwarna merah; paruh berwarna kehitaman; dan kaki berwarna kuning.
Udah jelas kan seputar tentang burung Elang Perut-Karat, kalau udah berarti saatnya aku mengucapkan “Alhamdulillah”. Wassalam.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar